Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa Yunani, yaitu Computare, yang secara bahasa berarti menghitung. Berdasarkan hal tersebut, maka komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. sedangkan secara harfiah, komputer adalah sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data informasi yang berupa teks, gambar, maupun suara untuk menghasilkan keluaran yang dikehendaki. sebuah komputer terbangun dari sistem analog dan digita yang terprogram dan terbagi menjadi unit-unit dengan fungsi tertentu. Secara garis besar, sitem komputer terdiri dari 3 bagian, yaitu perangkat keras ( Hardware), Perangkat lunak (Software), dan operator pengguna Komputer (Brainware).

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah perkembangan Komputer merujuk pada generasi yang berbeda dari tiap perangkat komputer. Sebuah generasi akan mengacu pada perbaikan generasi sebelumnya. Pada setiap generasi barunya, bentuknya lebih diperkecil dengan kemampuan yang lebih canggih daripada generasi sebelumnya. Setiap Generasi komputer ditandai dengan perkembangan teknologi utama yang fundamental, yaitu mengubah cara komputer beroperasi, perangkat yang semakin kecil, lebih murah, lebih kuat, dan lebih efisien.

1. Generasi Pertama (1940-1956)

Gambar Tabung udara membentuk sirkuit
Gambar Tabung udara membentuk sirkuit
Komputer Pertama Kali menggunakan tabung hampa udara (vacuum) untuk membentuk sirkuit dan magnetik sebagai memorinya. Komputer ini berukuran sangat besar, hingga memenuhi ruanganya. Sebuah Drum Magnetik adalah sebuah silinder logam yang dilapisi dengan bahan besi oksida megnetik sebagai tempat menyimpan data data program. Track pada pada drum magnetik bertugas mengatur saluran yang terletak disekitar lingkar drum. sebuah drum tunggal dapat memiliki hingga 200 track. Drum berputar dengan kecepatan hingga 3000 rpm. Perangkat baca/tulis akan menghasilkan bintik magnet pada drum selama operasi menulis, dan akan mengejanya saat operasi membaca. Tindakan ini mirip dengan operasi yang terjadi pada sebuah kaset Magnetik atau disk drive. Biaya Pengoprasian Komputer ini sangat mahal. selain membutuhkan daya listrik yang besar, perangkat ini juga akan menghasilkan panas yang tinggi, yang sering menjadi penyebab kesalahan (Malfungsi).
Komputer Generasi pertama ini mengandalkan bahasa mesin untuk melakukan operasinya, dan hanya bisa menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu. Bahasa mesin adalah bahasa yang hanya dipahami oleh komputer, bahasa ini sulit dipahami oleh manusia. Karena sepenuhnya terdiri dari nomor nomor pemrograman. Oleh karena itu digunakan oleh bahasa Pemrograman tingkat tinggi atau Pemrograman  yang telah ditranslasikan agar mudah dimengerti manusia, yaitu bahasa assembly. Bahasa Assembly berisi instruksi yang sama sebagai Bahasa mesin, Tetapi Intruksi-Intruksinya memiliki nama, tidak hanya angka. Setiap CPU memiliki bahasa mesin yang unik. Sebuah program harus ditulis ulang atau dikompilasi ulang untuk dijalankan diberbagai jenis komputer yang berbeda.
ENIAC
ENIAC
Komputer UNIVAC dan ENIAC adalah Contoh Perangkat Komputasi generasi pertama. UNIVAC adalah komputer komersial pertama yang dikirim ke klien bisnis, Biro sensus Amerika Serikat Pada Tahun 1951. ENIAC (Electronic Numerical Integrator and komputer), merupakan komputer Digital pertama didunia elektronik, yang dikembangkan oleh Army Ordnance untuk menghitung Tabel tambak Balistik pada Perang Dunia II. ENIAC memiliki berat 30 Ton, Menggunakan 200 Kilowat daya listrik yang terdiri dari 18.000 tabung hampa (Vacuum), 1500 relay, dan ratusan ribu resistor, kapasitor, dan Induktor. Komputer ini dianggap selesai pembuatanya pada tahun 1945, Tahun Kemerdekaan NKRI.
Selain untuk perhitungan Balistik, ENIAC juga digunakan untuk memprediksi cuaca, Kalkulasi energi Atom, Studi Sinar Kosmis, Pengapian Termal, Study Acak nomor, Desain Terowongan Angin, dan Penggunaan ilmiah lainya. Namun ENIAC menjadi usang setelah meningkatnya kebutuhan proses Komputasi yang lebih cepat.

2. Generasi Kedua (1956-1963)


Komputer Generasi kedua
Transistor menggantikan teknologi tabung hampa dan mengantarnya pada komputer generasi kedua. Transistor adalah perangkat yang terdiri dari bahan semikonduktor yang digunakan untuk menguatkan sinyal atau membuka/menutup sebuah sirkuit. Diciptakan pada tahun 1947 di laboratorium Bell, Transistor telah menjadi bahan utama dari semua sirkuit digital, termasuk komputer. Saat ini, mikroprosesor terbaru berisi puluhan juta transistor mikroskopis. Sebelum menggunakan transistor, sirkuit digital yang terdiri dari tabung hampa memiliki banyak kelemahan. Transistor ditemukan pada tahun 1947, namun penggunaanya belum terlalu luas sampai akhir taun 50-an. Penggunaan transistor lebih menguntungkan jika dibanding tabung hampa, dan memungkinkan ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah, lebih hemat energi, dan lebih dapat diandalkan, jika dibandingkan dengan pendahulunya, komputer generasi pertama.
Lomputer generasi kedua ini  masih mengandalkan  kartu sebagai masukan  data dan cetakan untuk keluaran. Komputer ini mulai berpindah dari bahasa mesin biner ke bahasa Simbolik, yang memungkinkan programer mudah untuk menggunakan perintah-perintah dalam kata-kata yang dimengerti. bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mulai digunakan adalah versi awal COBOL dan FORTRAN.
Komputer ini merupakan komputer pertama yang menyimpan instruksi-instruksi kedalam memori. komputer pertama dari generasi ini dikembangkan untuk keperluan industri energi Atom.

3. Generasi Ketiga (1964-1971)


Komputer Generasi ketiga
Pengembangan sirkuit terpadu (Integrated Circuit) adalah ciri dari generasi komputer ketiga. Transistor miniatur ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer. Komputer terdiri dari banyak chip yang ditempatkan pada papan elektronik yang disebut PCB (Printed circuit Boards). Ada berbagai jenis chip, sebagai contoh, CPU atau yang biasa disebut dengan microprosesor, yang mengandung seluruh unit pengolahan. Semikonduktor adalah bahan Konduktivitas listrik yang berada diantara insulator dan konduktor. Bahan semikonduktor yang paling umum digunakan adalah Silikon dan germaium. Bahan-bahan ini kemudian diolah untuk menghasilkan elektron-elektron. Chip komputer, baik untuk  CPU dan memori, terdiri dari bahan Semikonduktor. Semikonduktor juga memungkinkan untuk memperkecil ukuran (miniaturisasi) komponen elektronik, seperti transistor. Miaturisasi tidak hanya bertujuan untuk menghemat ruang, namun juga dalam hal kecepatan dan sedikitnya energi yang dibutuhkan.
Pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga sudah melalui keyboard dan monitor.  Komputer ini dilengkapi dengan sistem operasi yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan aplikasi yang berbeda pada satu waktu dengan program utama yang memonitor memori. Komputer ini merupakan komputer yang pertama kali bisa diakses oleh masyarakat, karena ukuranya lebih kecil dan lebih nurah dari pendahulunya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Informasikan jika ada link yang eror.

Trimakasih.